Rangkuman Pengajian Malam Senin 11 November 2018

"Allah Ghofur dan Allah Rahim" Oleh : KH. Drs. Dzikron Abdullah

Pengajian malam senin tanggal 11 November 2018 mengupas tafsir dari QS.  Al Hijr ayat 49 dan penyamaannya QS. Az Zumar Ayat 53.

Al Hijr : 49

نَبِّئْ عِبَادِىٓ أَنِّىٓ أَنَا ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Beritakan Muhammad kepada hamba-hambaku bahwa Aku sesungguhnya Al Ghofur (Maha Pengampun) dan Ar Rahim (Maha Penyayang)

Asbabun Nuzul : Rasulullah keluar menemui sahabat-sahabatnya dan bersamaan dengan hal itu para sahabat tertawa terbahak-bahak. Maka Rasulullah berkata : Kalian semua tertawa terbahak-bahak dan depan kalian adalah api neraka. Saat itu juga datanglah Malaikat Jibril as.

Menyampaikan sabda Allah kepada Nabi Muhammad : “Janganlah membuat putus asa terhadap hamba-hambaku karena sesungguhnya Aku Maha Pengampun atas dosa-dosa hamba-hambaku dan Maha Penyayang kepada mereka“.

Sesungguhnya penekanan dari ayat ini menunjukkan bahwa Allah Ghofur dan Allah Rahim. Karena Rahimnya Allah ada ayat lain yang mirip dengan ayat ini :

QS.: Az Zumar ayat 53

۞ قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Jadi, orang yang melampaui batas jangan sampai putus asa bahwa Allah Ghofur dan Allah Rahim.

Suatu ketika ada sahabat lapor kepada Rasulullah dan sahabat tadi pekerjaannya adalah penggali kubur. Saat itu ada orang madinah meninggal dunia dan orang tersebut paling cantik di madinah. Penggali kubur tersebut menggali kuburan wanita cantik tadi dan ia mezinainya. Lalu dikubur lagi dan melapor kepada Rasulullah. Hal itu membuat Rsulullah tak kuat untuk berdiri karena mendengar laporan dari penggali kubur tersebut. Akhirnya turunlah ayat tersebut.

Orang yang paling baik amalnya, masuk surga bukan karena amalnya melainkan karena rahmatnya Allah ta’ala. Rasulullah bersabda : “seseorang masuk surga tidak dari kamu semua, amalnya tidak akan memasukkan surga seseorang dan amalnya tidak akan menyelamatkannya dari api neraka. Aku (Muhammad) masuk surga bukan karena amalku kecuali dengan rahmat Allah swt.

Maksudnya adalah kita tidak boleh menggantungkan amal kita, karena sesungguhnya amal kita belum tentu membawa kita pada surga. Karena yang menentukan semuanya adalah Allah swt.

Jadi, kita harus senantiasa beramal dan mengharap rahmatnya Allah, jangan sampai sombong karena merasa amalnya sudah hebat.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close